Keterampilan manajerial adalah kemampuan dan keahlian yang diperlukan untuk mengelola dan memimpin tim, proyek, atau organisasi dengan efektif. Keterampilan ini melibatkan berbagai aspek, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengambilan keputusan, komunikasi, delegasi, pemecahan masalah, dan kepemimpinan. Berhubungan dengan keterampilan manajerial, Mimin mendapatkan sebuah pertanyaan mengenai ketrampilan manajerial dalam sebuah organisasi. Berikut pertanyannya beserta jawabannya:
Pertanyaan :
Ketrampilan manajerial apa saja yang diperlukan dalam sebuah organisasi?
Jawaban :
Keterampilan berasal dari bahasa inggris, yaitu ‘skill’ berarti kemahiran atau kecakapan. Secara umum, keterampilan adalah kemampuan dalam melaksanakan tugas berdasarkan kompetensi pekerjaan dan hasilnya dapat diamati. Menurut Gordon, keterampilan didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengoperasikan pekerjaan secara mudah dan cermat. Sedangkan, menurut Dunnatte keterampilan merupakan sebuah kapasitas yang dibutuhkan untuk melaksanakan beberapa tugas yang merupakan pengembangan dari hasil traning dan pengalaman yang di dapat.
Berdasarkan penjelasan sebelumnya, kita dapat simpulkan bahwa, keterampilan hakikatnya merupakan sebuah kemampuan untuk mengoperasikan suatu pekerjaan secara efektif dan efisien yang membutuhkan kemampuan dasar.
Sementara itu, manajerial secara umum diartikan sebagai gugusan seni serta ilmu pada mengatur segala sesuatunya dengan sahih. Pelaku ilmu ini diklaim dengan manajer. seorang manajer tentu perlu serta bahkan wajib menguasai ilmu manajerial menggunakan baik. Jadi, kita dapat simpulkan bahwa, keterampilan manajerial adalah keterampilan untuk mengatur, mengoordinasikan dan menggerakkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan organisasi.
Kemampuan manajerial tidak muncul atau dimiliki begitu saja. Kemampuan ini lahir dari suatu proses panjang yang terjadi secara perlahan melalui proses pelatihan pengamatan dan pembelajaran. Seorang pimpinan atau manajemen, dituntut untuk memiliki keterampilan manajerial, karena kemampuan ini berfungsi mengintegrasikan, mengoordinasikan, dan menggerakkan para bawahan dalam ruang lingkup usaha yang besar, dapat dilakukan dengan baik, sehingga memungkinkan aliran kegiatan yang mudah dalam organisasi.
Ada tiga macam keterampilan manajerial yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Ketiga macam keterampilan manajerial tersebut, di antaranya:
1. Keterampilan Konseptual
Keterampilan konseptual adalah kemampuan untuk mengamati dan memahami suatu persoalan, isu atau organisasi secara keseluruhan dan mengkoordinasikan serta memadukan seluruh komponen yang saling terkait untuk kepentingan atau kegiatan organisasi. Dengan kata lain, Keterampilan ini merupakan kemampuan pemahaman dan kecakapan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajerial yang meliputi berbagai proses, seperti perencanaan, pengorganisasian, pendelegasian, pengontrolan, evaluasi dan pemecahan masalah.
Keterampilan konseptual mencangkup beberapa kemampuan didalamnya, seperti leadership, problem solving, entrepreneurship, leading others, team building, influencing others, cultural awareness, building trust, managing emotions, profesionalism, leading inovation, decision making, problem solving skill dan marketing and sales.
2. Keterampilan Teknis
Keterampilan teknis adalah kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan, metode, atau teknik spesifik dalam suatu bidang spesialisasi tertentu. Dengan kata lain, keterampilan ini merupakan suatu pemahaman dan kecakapan melakukan aktivitas pekerjaan yang berhubungan dengan bidang khusus atau pekerjaan tertentu. Contohnya dalam teknis operasional, seperti mengoperasikan alat-alat dan kegiatan-kegiatan yang bersifat administratif.
Keterampilan teknis mencangkup beberapa kemampuan didalamnya, seperti life long learning and information, management, technical, project management, business domain knowledge, team management IT, problem solving the course of a project, basic technical skill, Site layout and mobilization, estimating and tendering, design activities and background, reading and understanding drawings, technical writing, IT skills, drafting contracts, presentation, report writing dan chairing meetings.
3. Keterampilan Sosial
Keterampilan sosial adalah keterampilan mengelola diri sendiri dan bersosialisasi dengan orang lain yang didasarkan pada nilai dan norma yang dianut dalam kehidupan seseorang, termasuk didalamnya tentang pola pikir, sistem kepercayaan, kematangan emosi dan kepercayaan diri seseorang. Dengan kata lain, keterampilan ini merupakan diri dari suatu individu yang pada level jabatan apapun, harus memiliki kemampuan ini yang yang meliputi kemampuan bekerjasama, komunikasi dalam kelompok.
Tidak hanya itu, keterampilan sosial juga mencangkup beberapa kemampuan lain didalamnya, seperti ethics and professional morals, effective communication, motivating others, people skills, communicate effectively, personal characteristics, organizational, negotiation, human behavior, delegation, team working, stress handling, public speaking, dan public relation.
---
Itulah jawaban seputar berbagai ketrampilan manajerial yang diperlukan dalam sebuah organisasi. Tapi, perlu kalian ingat bahwa jawaban ini tidak bersifat mutlak, sehingga masih memungkinkan terdapat jawaban lainnya yang benar atau bahkan lebih benar dari jawaban ini.
Semoga bermanfaat untuk kalian semua!
Posting Komentar